Selamat Datang , Sugeng Rawuh di Website Kelurahan Baciro ♦ ♦ Jam Pelayanan Senin - Kamis Pukul 08:00 - 15:00 WIB , Jumat Pukul 08:00 - 11:30 WIB dan 13:00 - 14:00 WIB ♦ ♦
 Admin Web,    28 November 2019 SILATURAHMI KELUARGA PENYANDANG DISABILITAS KELURAHAN BACIRO
SILATURAHMI KELUARGA PENYANDANG DISABILITAS KELURAHAN BACIRO

“Seorang anak tidak pernah bisa memilih dimana, kapan, bagaimana kondisinya dan siapa yang melahirkannya, hanya takdir yang harus diterima dan dihormati oleh semua orang, karena sebenarnya semua manusia itu sederajat” (PENULIS)

 

Menghadapi anak yang berkebutuhan khusus (special needs )tidak semudah membalikan telapak tangan. Mereka membutuhkan arahan, bimbingan, dan pendidikan yang intensif agar dapat tumbuh dan berkembang seperti anak normal pada umumnya hingga pada akhirnya mereka mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Anak berkebutuhan khusus mengalami gangguan baik terhadap fisik, mental, intelegensi, dan emosinya sehingga memerlukan bantuan khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam kehidupan sehari-sehari. Keterbatasan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus, menjadi tugas dan kewajiban orang tuanya. Lingkungan yang tepat untuk anak-anak serta pola asuh yang sesuai dengan kondisi mereka. Banyak orang tua yang hanya berpikir agar anak-anaknya cukup mandiri dalam memenuhi kehidupan sehariharinya. Sehingga para orang tua kurang memperhatikan terhadap kebutuhan pendidikan, serta potensi yang mungkin bisa dikembangkan dalam keterbatasan fisik yang ada.

Kenyataannya sekarang ini banyak kelompok sebaya yang sengaja menjauhi temannya yang memiliki keterbatasan, menertawakannya sering mereka lakukan. Perilaku seperti ini seharusnya tidak dilakukan pada anak berkebutuhan khusus karena dengan keterbatasan yang mereka hadapi kemudian ditambah dengan tekanan psikologis yang dirasakan. Pengasingan dari teman-teman sebaya memberi pengaruh terhadap perkembangan yang tidak diharapkan.

Bertempat di Balai RW 07 Pengok Kidul, Kelurahan Baciro pada hari sabtu (23/11/2019) diselenggarakan silaturahmi keluarga penyandang disabilitas kelurahan Baciro. Kegiatan ini bertujuan untuk merekatkan sesama keluaraga penyandang disabilitas dan meneliti permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas maupun keluarganya. Saling sharing pengalaman merawat dan mendidik anak berkebutuhan khusus hingga permasalahan tanggapan lingkungan terhadap anak berkebutuhan khusus menjadi fokus kegiatan ini.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh LPMK bekerjasama dengan Kelurahan Baciro dan Forum Penyandang Disabilitas Kelurahan Baciro ini diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi dan menambah pengalaman keluarga penyandang disabilitas, baik dalam hal pendidikan, penanganan masalah psikologi maupun masalah sosial. Hak pendidikan penyandang disabilitas untuk disejajarkan dengan anak-anak normal diharapkan dapat terwujud dengan nyata. (SURYA-A0216)


(17 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat59.18%
Cukup Bermanfaat6.12%
Bermanfaat6.12%
Kurang Bermanfaat0%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 188 Kemarin 185 Bulan Ini 2789 Tahun Ini 22388 Total Pengunjung 22422
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait