RW 07 BACIRO TERIMA BANTUAN ALAT PENGOLAH SAMPAH ORGANIK

Baciro-Warga RW 07 Baciro mengikuti pelatihan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Organik Rumah Tangga pada Senin, 8 Juli 2024 bertempat Balai RW 07 mulai pukul 09.00 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta.

Hadir dalam acara Lurah Baciro, Penelaah Teknis Kebijakan Bidang Pengembangan Kapasitas Dan Pengawasan Lingkungan Hidup DLH Kota, Ketua RW 07, Perwakilan Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta (2 orang), Ketua Forum Bank Sampah Kemantren Gondokusuman dan Pengurus Bank Sampah RW 07.

Perwakilan DLH Kota  yang hadir, Dian Arum Hidayati, dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan merupakan rangkaian dari proses pemberian bantuan peralatan pengolah sampah organik lewat dana CSR dari  PT. Penjaminan Infrastuktur Indonesia. Dian menjelaskan bahwa RW 07 salah satu dari 10 RW di Kota Yogyakarta yang menerima bantuan peralatan pengolah sampah. Peralatan yang diberikan berupa 1 unit kontainer kapasitas 600 liter dan 4 buah ember kapasitas 25 kg. Pemilihan sebagai penerima bantuan menurut Dian didasari pertimbangan  bahwa di RW 07 sudah melaksanakan pengolahan sampah secara berkelanjutan.

Sementara itu Lurah Baciro, Sutikno, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan pelatihan dan pemberian bantuan peralatan pengolah sampah organik bagi warga RW 07. Selain itu Sutikno menyampaikan harapan peralatan dapat difungsikan sehingga dapat mengurangi sampah yang dibuang.

Bertindak sebagai narasumber perwakilan dari FBS Kota Yogyakarta.  Peserta pelatihan warga RW 07 Baciro yang sebagian besar telah menjadi nasabah atau anggota bank sampah. Di wilayah RW 07 terdapat 2 kelompok bank sampah yakni Bank Sampah Mawar Merah dan Bank Sampah Radio Umum. Peralatan yang diterimakan di RW 07 selanjutnya akan dipergunakan untuk pengolahan sampah organik dengan model demplo magot.