PELATIHAN DETEKI DINI STUNTING UNTUK KADER KESEHATAN BACIRO

BACIRO-Kelurahan Baciro   menyelenggarakan pelatihan deteksi dini stunting pada Sabtu 6 Juli 2024 bertempat di aula Kelurahan mulai jam 09.00 WIB. Pelatihan diikuti perwakilan kader kesehatan dari semua RW se Kelurahan Baciro. Kegiatan ini terselenggara melalui pengabdian masyarakat dari lembaga pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Panti Rapih Yogyakarta.

Hadir dalam pelatihan Lurah Baciro, Sekretaris Kelurahan dan Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat beserta Ketua PKK Kelurahan. Tim dari STIKES Panti Rapih hadir 3 dosen sebagai narasumber yakni Riski Wulandari, Deni Lusiana dan Christina Ririn Widianti dibantu 5 mahasiswa.

Lurah Baciro, Sutikno, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada STIKES atas penyelenggaraan kegiatan pelatihan dan apresiasi pada ibu-ibu kader kesehatan yang hadir mengikuti pelatihan. Selanjutnya Sutikno berharap pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader dalam melaksanakan pelayanan di wilayah masing-masing.

Pelatihan diawali dengan pemberian soal sebagai pre-test (tes sebelum pemberian materi) bagi peserta kemudian diteruskan dengan paparan dari narasumber. Selain paparan materi dilaksanakan praktek pengukuran tinggi badan bayi  dan cara pembuatan makanan pendamping ASI (MPASI) dengan alat peraga/praktek yang disiapkan dari STIKES. Disamping itu, peserta juga diberi alat pengukur untuk bayi. Materi yang disampaikan terkait deteksi dini stunting antara lain perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pemenuhan gizi, dan ibu hamil. Selesai penyampaian materi dilanjutkan pemberian soal kepada peserta sebagai pos-test (tes setelah pemberian materi).

Sementara itu Ketua PKK Kelurahan Baciro, Tri Warni, yang ikut dalam pelatihan menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan pelatihan dan menyampaikan kesan bahwa pelatihan penting bagi kader. Disamping itu Tri Warni  juga berharap kader mampu meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi. 

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di 3 kelurahan yang berada dibawah koordinasi UPT Puskesmas Gondokusuman I yakni Baciro, Demangan dan Klitren. Kegiatan di Kelurahan Demangan sudah dilaksanakan tahun 2023, sedangkan untuk Klitren akan dilaksanakan setelah dari Baciro.