SINERGI POKDARWIS-KAMWIS BACIRO DALAM GEBYAR KESENIAN

BACIRO-Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Baciro menggelar Gebyar Kesenian pada Sabtu 29 Juni 2024 mulai jam 09.00 WIB. Bertempat di Fasilitas Umum (Fasum) yang terletak di Kampung Gendeng. Kepanitiaan dari unsur Pokdarwis dan Kampung Wisata Baciro. Gebyar seni merupakan kegiatan dari Dinas Pariwisata DIY yang bersumber dari pokok pikiran Dewan dengan anggaran Dana Keistimewaan.

Hadir dalam acara Kepala Dinas Pariwisata DIY, Anggota DPRD Kota Yogyakarta (Bambang Anjar Jalumurti), Mantri Anom Kemantren Gondokusuman, Lurah Baciro, Babinkamtibmas, Pengurus LPMK, Ketua Kampung, Ketua RW, PPK Gondokusuman dan PPS Baciro. Jajaran pengurus Pokdarwis dan Kampung Wisata juga hadir di lokasi. Hadir pula perangkat kelurahan Baciro yakni Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Seksi Pemerintahan Ketertiban dan Ketentraman dan Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan serta staf Kelurahan. Linmas Baciro hadir mengkondisikan situasi di sekitar lokasi. Sebelum acara dimulai, telah ditampilkan gendhing-gendhing yang dibawakan oleh sanggar seni dari Kampung Gendeng.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo dalam sambutan menyampaikan apresiasi penyelenggaraan acara. Berikutnya Singgih Raharjo menyampaikan sapta pesona merupakan rohnya pariwisata yang didalamnya terdapat unsur kenyamanan yang diindikasikan dengan kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah. Berkaitan pengelolaan sampah Singgih Raharjo menyampaikan 2 hal yaitu pengurangan dan pengolahan sampah. Di akhir sambutannya juga disampaikan harapan aktifitas pariwisata meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gebyar menampilkan pentas seni berupa tarian dan karawitan. Ditampilkan pula stand yang mewakili destinasi wisata  yang ada di wilayah Baciro. Salah satu destinasi yang dijadikan paket yakni wisata air (tubing) sedangkan produk yang ditampilkan pada stand yaitu produk kerajinan manik-manik, kerajinan berbahan dari olahan bekas sampah, minuman Dawet ‘’Barong’’ (Baciro Terong), minuman beras kencur dan sejenisnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY beserta tamu undangan melakukan kunjungan ke stand-stand dengan panduan informasi yang disampaikan oleh Ketua Kampung Wisata Baciro, Wisnu Edi Prasetyo atau yang biasa disapa Wisnu Pratelo. Personil PPK Gondokusuman dan PPS Baciro hadir menyampaikan sosialisasi terkait tahapan pemilihan kepala daerah di Kota Yogyakarta.