RESTORASI SOSIAL BAGI MASYARAKAT BACIRO

Baciro-Kamis, 27 Juni 2024 telah dilaksanakan Restorasi Sosial bertempat Balai Pertemuan Warga Kampung Mangkukusuman Baciro, berlangsung mulai pukul 13.00 WIB. Acara ini merupakan kegiatan dari Dinas Sosial DIY.

Acara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial DIY, Tri Susilastuti.  Dalam sambutan pembukaan Tri Susilastuti menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan adalah usulan dari anggota DPRD DIY atau pokok pikiran Dewan. Selanjutnya Tri Susilastuti menyampaikan terima kasih kepada Kelurahan Baciro yang telah mempersiapkan fasilitas untuk kegiatan. Diakhir sambutan Tri Susilastuti berharap kegiatan bermanfaat bagi masyarakat Baciro.

Sementara itu Lurah Baciro, Sutikno, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sosial DIY atas penyelenggaraan kegiatan bagi masyarakat Baciro.  Selain itu Sutikno menyampaikan harapan kepada peserta untuk menyampaikan pengetahuan yang didapat dari mengikuti restorasi sosial untuk diteruskan kepada anggota keluarga dan warga di sekitarnya.

Peserta pelatihan adalah perwakilan tokoh masyarakat di wilayah Kelurahan Baciro seperti pengurus LPMK, Kampung, PKK, RW dan RT serta pengurus lembaga kemasyarakatan lainnya. Berdasarkan data dari penyelenggara unsur wilayah  yang diundang dalam restorasi sosial yaitu Mantri Pamong Praja Gondokusuman, Kapolsek Gondokusuman, Danramil Gondokusuman, Lurah Baciro, TKSK Kemantren Gondokusuman.

Bertindak sebagai nara sumber yakni, pertama  Hadjar Pamadhi (Ketua Badan Musyawarah Musea  DIY), Bambang Anjar Jalumurti (Komisi D DPRD Kota Yogyakarta) dan Winardiyanto (Praktisi Sosial). Selesai pemaparan materi dari nara sumber dilanjutkan sesi tanya jawab peserta dengan ketiga nara sumber. Satu hal yang disampaikan peserta saat sesi tanya jawab berkaitan dengan upaya pelestarian nilai-nilai luhur bagi generasi muda.

Penampilan dari Star Kusuma

Penampilan tari dari Sanggar Star Kusuma Baciro

Acara menampilkan 2 kelompok seni/sanggar seni yakni Sanggar Star Kusuma dari Kampung Gendeng dan Kusuma Laras dari Kampung Mangkukusuman. Sanggar Star Kusuma menampilkan tarian “Cokro Manggilingan” dibawakan 3 penari. Sedangkan Kusuma Laras menampilkan tembang atau gendhing “Kelurahan Budaya” dan “Segoro Amarto”.

Penampilan sanggar Kusuma Laras Baciro

Seperti yang disampaikan Tri Susilastuti dari Dinas Sosial DIY, restorasi sosial sebagai upaya menjaga kondisi masyarakat berkaitan dengan nilai-nilai luhur yang ada dimasyarakat. Hal ini selaras dengan tujuan acara yakni penguatan nilai-nilai kesetiakawanan sosial.