PERTEMUAN BANK SAMPAH SE-KELURAHAN BACIRO

Baciro-Kelurahan Baciro telah menggelar pertemuan Bank Sampah se-Kelurahan Jumat, 14 Juni 2024 bertempat di Aula Kelurahan mulai pukul 13.00 WIB. Hadir dalam pertemuan Lurah Baciro, Perwakilan LPMK, Perwakilan dari Pengurus  Kampung se Kelurahan Baciro, Faskel Kelurahan dan pengurus Bank Sampah se-Kelurahan Baciro. 

Lurah Baciro, Sutikno, dalam sambutan menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas peran bank sampah dalam pengurangan sampah yang di wilayah. Berikutnya, Sutikno menambahkan bahwa pertemuan bertujuan mengkomunikasikan kegitan bank sampah bersama pengurus wilayah yang diwakili kehadiran Pengurus atau Ketua Kampung. Lurah berharap dengan hadirnya pengurus wilayah, yakni pengurus kampung maka diharapkan ada sinergi antara pengurus wilayah dengan pengurus bank sampah.

Sedangkan Fajar Ristanto, yang hadir mewakili LPMK,  menyampaikan apresiasi kepada penggiat sampah yang telah berpartipasi dalam pengelolaan sampah di wilayah.

Dalam pertemuan semua perwakilan bank sampah yang hadir diberi kesempatan untuk menyampaikan kegiatan penimbangan sampah an-organik. Selain itu disampaikan pula permasalahan yang dihadapi di masing-masing Bank Sampah.

Permasalahan yang mengemuka dari Bank Sampah terkait ketersiadaan tempat untuk menampung hasil penimbangan karena pengambilan oleh pelapak tidak langsung pada hari penimbangan. Masalah lainnya seperti kesepakatan waktu penimbangan dan waktu pengambilan oleh pelapak serta personil pengelola bank sampah.

Sementara itu Fasilitator Bank Sampah tingkat Kelurahan, Sri Winarsih dan Setyawati menyampaikan bahwa Faskel siap membantu apabila ada kesulitan penyaluran hasil penimbangan dari Bank Sampah.