PELATIHAN E-BUSINESS BAGI WARGA DAN UMKM BACIRO

Baciro-Kamis, 13 Juni 2024 telah dilaksanakan  Pelatihan E-Business bertempat Aula Kelurahan Baciro, berlangsung mulai pukul 13.00 WIB. Acara ini merupakan kegiatan dari Dinas Komunikasi dan Informatika DIY.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Riris Puspita Wijaya.  Dalam sambutan pembukaan Riris menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan adalah usulan dari anggota DPRD DIY atau pokok pikiran Dewan. Selanjutnya Riris menyampaikan terima kasih kepada Kelurahan yang telah mempersiapkan fasilitas untuk pelatihan. Diakhir sambutan Riris berharap peserta memperoleh pengetahuan dalam pemasaran produk.

Sementara itu Lurah Baciro, Sutikno, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan pelatihan bagi pelaku UMKM dan warga di wilayah Baciro. Selain itu Sutikno menyampaikan harapan pelatihan E-Business dapat meningkatkan pemasaran produk dari pemilik usaha.

Peserta pelatihan dari kalangan masyarakat Kelurahan Baciro yang sebagian besar telah memiliki usaha dan sebagian dari kalangan muda-mudi yang belum memiliki usaha. Peserta pelatihan yang memiliki usaha juga sudah menyiapkan produk seperti makanan, minuman dan kerajinan untuk praktek pemasaran E-Business.

Bertindak sebagai nara sumber pelatihan yakni, pertama  Stevanus Christian Handoko dari Komisi D DPRD DIY, dengan materi fungsi dan peran Dewan berkait regulasi, anggaran dan pengawasan. Selain peran Dewan juga disampaikan materi terkait digitalisasi. Sedangkan nara sumber kedua adalah praktisi digital marketing (pemasaran secara online) dengan praktek langsung cara pemasaran online dengan sampel barang/produk yang dibawa peserta.