SOSIALISASI PEMBANGUNAN SAH PERBATASAN BACIRO-SEMAKI

Bacio-Selasa, 11 Juni 2024 telah dilaksanakan sosialisasi rencana pembangunan Salurah Air Hujan (SAH) dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinas PUPKP) Kota Yogyakarta. Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Rapat Kelurahan Baciro mulai pukul 09.00 WIB

Hadir dalam acara perwakilan dari Dinas PUPKP,   Kemantren Umbulharjo, Kelurahan Semaki, Kemantren Gondokusuman, Kelurahan Baciro serta perwakilan dari masyarakat wilayah Kelurahan Semaki dan Kelurahan Baciro. Dari Kemantren Umbulharjo hadir Whisnu Primadiarta, Penelaah Teknis Kebijakan Jawatan Kemakmuran, dari Kelurahan Semaki hadir  Retiana,  Kepala Seksi Perekonomian Dan Pembangunan. Sedangkan dari Kemantren Gondokusuman diwakili Fuad Al Amin, staf kemantren dan dari Kelurahan Baciro dihadiri sendiri oleh Lurah.

Berikutnya dari unsur masyarakat  hadir perangkat wilayah dari Semaki yakni perwakilan LPMK, RW 01 beserta perwakilan RT 01-03.  Sedangkan dari Baciro hadir perangkat wilayah yakni perwakilan LPMK, RW 12 beserta perwakilan RT 45-46. Dihadirkan juga warga terdampak dan berada di sepanjang SAH yang akan dibangun sebanyak 5 orang yang terdampak di sisi utara jalan dan 5 orang terdampak di sisi selatan jalan.

Dari Dinas PUPKP dihadiri Rahmawan Kurniadi, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dan Drainase dan Krishna Hambali, Analis Kebijakan Ahli Muda Kelompok Substansi Pemeliharaan Infrastruktur Sumber Daya Air Dan Drainase. Rekanan yang dihadirkan yakni pelaksana, konsultan perencana dan pengawas.

Sosialisasi melibatkan dua wilayah yakni Semaki (Umbulharjo) dan Baciro (Gondokusuman) karena lokasi jalan yang akan dibangun SAH, yakni Jl.Mawar V merupakan perbatasan. Jalan Mawar V adalah jalan perbatasan antara Kelurahan Baciro di sisi utara dan Kelurahan Semaki di sisi selatan.

Acara diawali dengan sambutan dari Lurah Baciro, Sutikno. Dalam sambutannya, Sutikno menyampakan terima kasih atas program pembangunan SAH di wilayahnya. Diakhir sambutannya Sutikno berharap masyarakat terdampak dapat menyesuaikan diri selama proses pembangunan. Berikutnya sambutan dari perwakilan Kemantren Umbulharjo, disampaikan oleh Whisnu Primadiarta, juga menyampaikan terima kasih atas program pembangunan SAH di perbatasan wilayahnya.

Sedangkan dari Dinas PUPKP yang diwakili Krishna Hambali menyampaikan penjelasan teknis rencana pembangunan SAH dimulai dari depan SD Baciro ke arah barat sampai tembus SAH jalan utama Jl.Mawar. Sedangkan dari depan SD Baciro ke arah timur sudah ada SAH. Waktu pembangunan SAH direncanakan mulai minggu ke-3 bulan Juni 2024 dengan panjang saluran sekitar 80 meter. Terkait dimensi saluran Khrisna menjelaskan bahwa saluran dibangun dengan  beton pracetak (box culvert) berukuran 50x50 cm sehingga proses pekerjaan lebih cepat karena setelah penggalian tanah selesai box culvert tinggal dipasang. Di akhir penjelasan Khrisna menyampaikan untuk titik galian SAH menyesuaikan kondisi tanah dibawah jalan sehingga dimungkinkan akan berada di tengah jalan, di ruas jalan sisi selatan atau sisi utara.

Berikutnya dari rekanan CV. Bintang Mandiri Mulya sebagai pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa pekerjaan dilaksanakan bulan Juni 2023 setelah ada sosialisasi dan kepastian posisi galian SAH. Selanjutnya dari pelaksana menginformasikan nomor telepon rekanan yang bisa dihubungi dan masyarakat diberi kesempatan menyampaikan saran dan masukan terkait pekerjaan.

Selesai sambutan dan penjelasan teknis dilanjutkan diskusi dengan peserta sosialisasi. Dalam diskusi disampaikan beberapa hal, salah satunya permohonan pengembalian aspal permukaan jalan supaya rata seperti sebelum digali sehingga nyaman dilewati. Terkait hal ini rekanan pelaksana menyampaikan bahwa  setelah galian SAH selesai, permukaan jalan aspal akan dikembalikan seperti semula.