WARGA RW 03 BACIRO IKUTI PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS

Baciro-Kelurahan Baciro menyelenggarakan pelatihan pembuatan kompos melalui pengolahan sampah organik skala rumah tangga yang dikenal dengan pembuatan biopori.  Pelatihan dilaksanakan  pada Selasa 7 Mei 2024 dengan lokasi wilayah RW 03 Kampung Mangkukusuman mulai pukul 15.00 WIB – selesai bertempat di Balai Mangkukusuman.

Hadir dalam acara Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Jarot Nur Hariyanto), Kepala Seksi Pemerintahan Ketentraman da Ketertiban (Samingan), staf kelurahan Baciro (Christy Aprilia) dan Ketua RT di wilayah RW 03 serta Pengurus Bank Sampah Kusuma RW 03.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat yang mewakili Lurah membuka acara. Dalam sambutannya Jarot menyampaikan apresiasi kepada warga dalam pelatihan. Selanjutnya Jarot berharap pelatihan di RW 03 berjalan sesuai rencana. Peserta pelatihan yang diundang 27 orang dari RW 03 yang merupakan wilayah kegiatan Bank Sampah Kusuma.

Nara sumber pelatihan dari Faskel Bank Sampah Baciro Setyawati, dari  RW 12 Kampung Baciro Sanggrahan dan Sri Winarsih, dari RW 18  Kampung Gendeng. Narasumber menyampaikan materi mulai dari pengenalan peralatan, proses pembuatan dan fungsi serta hal lainnya seputar biopori. Peralatan yang digunakan adalah bor pelubang tanah, bor pemanen kompos, pipa pralon yang telah dilubangi bagian tepi dan conblock penutup sudah dipersiapkan oleh kelurahan.

Setelah penyampaian materi dari narsum dilanjutkan sesi tanya jawab dengan peserta. Berikutnya peserta dipandu narasumber mempraktekkan pembuatan biopori dimulai dari pembuatan lubang tanah dengan bor pelubang, dan pemasangan pipa pralon serta pemasangan conblock penutup lubang.

Sebagaimana diketahui bahwa pelatihan ini yang ke 2 setelah sebelumnya dilaksanakan di RW 02. Sesuai rencana pelatihan berikutnya akan dilaksanakan di bulan Mei untuk warga RW 04.

Seperti dalam pelatihan sebelumnya setiap peserta menerima pipa biopori dan tutup conblok masing-masing 2 unit. Sedangkan alat berupa bor pelubang dan bor pemanen di setiap pelatihan diterimakan masing-masing 5 unit yang digunakan peserta secara bergantian. Distribusi peralatan dilaksanakan melalui pengurus wilayah bersama pengurus Bank Sampah. Faskel Kelurahan Baciro akan memonitoring realisasi pelaksanaan pembuatan kompos. Faskel Kelurahan Baciro akan memonitor realisasi pelaksanaan pembuatan kompos.