SOSIALISASI PEMBUATAN KOMPOS KELURAHAN BACIRO

Baciro-Senin, 22 April 2024 telah dilaksanakan sosialisasi program pembuatan kompos. Kegiatan dimulai pukul 15.30 WIB bertempat di Aula Kelurahan dengan materi pembuatan kompos melalui pengolahan sampah organik skala rumah tangga. Bertindak selaku nara sumber dari Forum Bank Sampah (FBS) Kota Yogyakarta 2 orang dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Acara dibuka secara resmi oleh Lurah Baciro. Hadir dalam acara perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, perwakilan dari Kemantren Gondokusuman, perwakilan LPMK, Ketua Kampung, Faskel Bank Sampah tingkat Kelurahan, Perwakilan Bank Sampah se Kelurahan Baciro dan perangkat Kelurahan Baciro.

Lurah Baciro, Sutikno, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta sosialisasi yang telah menghadiri kegiatan. Selanjutnya Sutikno juga menyampaikan bahwa semua keluraban se-Kota Yogyakarta mendapat alokasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan kompos melalui pengolahan sampah organik skala rumah tangga. Di akhir sambutannya Lurah Baciro juga menyampaikan bahwa setelah sosialisasi akan dilanjutkan dengan pelatihan dan peralatan sudah disediakan oleh Kelurahan. Sutikno  berharap kegiatan pelatihan pembuatan kompos di Baciro setelah disosialisasikan dapat berjalan sesuai rencana.

Sedangkan perwakilan LPMK Baciro yang hadir, Fajar Ristanto selaku Sekretaris LPMK dalam sambutannya berharap program pembuatan kompos dilaksanakan dengan tepat sehingga berkontribusi dalam penanganan sampah di wilayah.

Nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyampaikan materi terkait permasalahan sampah yang terjadi. Sedangkan nara sumber dari FBS menyampaikan proses dan tahapan serta peralatan pembuatan kompos melalui pengolahan sampah organik skala rumah tangga.  Peralatan yang dipakai sesuai paparan nara sumber yaitu potongan pipa pralon diameter 4 inchi yang dilubangi, bor pelubang tanah, bor ulir untuk pemanen kompos dan conblok yang berlubang dibagian tengah sebagai penutup lubang atas. Selesai paparan materi dari nara sumber dilanjutkan sesi tanya jawab.

Keterangan foto : Suasana sosialisasi pembuatan kompos di Kelurahan Baciro.