MOMENT SYAWALAN UNTUK MENJAGA DAN MENGUATKAN KERUKUNAN WARGA

Baciro-Minggu, 5 Mei 2023 telah dilaksanakan syawalan di tingkat Kelurahan bertempat di Gedung Pertemuan PPSDM Regional Yogyakarta, Jl.Kompol Bambang Suprapto, Baciro mulai pukul 20.00 WIB. Kegiatan diikuti perwakilan kelompok masyarakat dari seluruh wilayah Kelurahan Baciro.

Hadir dalam acara Anggota DPRD Kota Yogyakarta (Bambang Seno Baskoro), Perwakilan Polsek Gondokusuman (Babinkamtibmas), Perwakilan dari Koramil, Lurah Baciro, Ketua dan Pengurus LPMK Baciro, Ketua PKK, perangkat kelurahan, Ketua Kampung se Kelurahan Baciro, Ketua RW, Ketua RT dan perwakilan lembaga masyarakat. Hadir pula Lurah periode sebelumnya, Handra Sutrisno, yang menjabat Lurah Baciro sampai akhir Januari 2024.

Sebelum acara dimulai, disampaikan presentasi rencana pengembangan destinasi wisata di Baciro oleh Ketua Pokdarwis Kelurahan Baciro. Selesai presentasi dimulai urutan acara syawalan mulai pembukaan sampai penutup acara yang dipandu oleh 2 orang pembawa acara. Disela acara ditampilkan tarian dari perwakilan salah satu sanggar seni di Baciro.

Ketua Panitia syawalan, Prayitno, dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada Kepala PPSDM Regional Yogyakarta yang telah memperkenankan penggunaan ruang pertemuan. Ketua Panitia juga menyampaikan bahwa acara syawalan menjadi agenda rutin setiap tahun.

Sementara itu Lurah Baciro, Sutikno, dalam sambutannya mengawali dengan memperkenalkan diri karena baru mulai bertugas di Kelurahan Baciro per 2 April 2024. Berikutnya, Sutikno menyampaikan terima kasih atas kehadiran dari tamu undangan anggota DPRD Kota yang telah hadir serta kepada LPMK atas penyelenggaraan syawalan. Berkaitan dengan penugasan baru di Baciro, Sutikno juga menyampaikan rasa terima kasih atas penerimaan yang baik dari perangkat Kelurahan Baciro dan kepada masyarakat serta berharap dukungan dari masyarakat dalam melaksanakan program kelurahan.

Syawalan diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Abdul Halim dari wilayah Kelurahan Demangan dengan tema kerukunan. Selesai tausiah acara dimeriahkan pengundian doorprize bagi peserta yang beruntung. Peserta yang hadir malam itu tampak antutisas mengikuti pengundian doorprize. Undian didasarkan pada nomor yang diberikan oleh panitia saat kedatangan. Barang yang diberikan sebagai doorprize berupa alat rumah tangga dan alat elektronik.

Satuan Linmas Baciro diterjunkan guna pengamanan kegiatan syawalan dan membantu kelancaran arus lalu lintas keluar masuk area PPSDM Regional Yogyakarta.