Jogja Sapa Lansia, Wujudkan Kota Yogyakarta Sebagai Kota Ramah Lansia

Jogja Sapa Lansia, salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Forum Pendidikan dan Perjuangan Hak Asasi Manusia (Foperham), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Untuk angkatan pertama ini Kelurahan Baciro menjadi 1 dari 3 Kelurahan yang ditunjuk untuk pelaksanaan kegiatan ini bersama Kelurahan Gedongkiwo dan Kelurahan Purbayan.

Kegiatan Jogja Sapa Lansia merupakan kegiatan yang senyampang dengan program Layanan Lansia Terintegrasi, bentuk kegiatannya antara lain kunjungan kepada lansia yang bed rest. Lansia akan dipantau perkembangan kesehatannya, dan segala hal yang diharapkan akan membantu proses penanganan dan penyembuhannya.

Pembukaan dari kegiatan Jogja Sapa Lansia di Kelurahan Baciro dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 26 Maret 2024 bertempat di aula lantai 2 Kantor Kelurahan Baciro mulai pukul 09.00 WIB. Hadir dalam acara ini perwakilan dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, dosen dan mahasiswa jurusan kedokteran UKDW, pengurus Layanan Lansia Terintegrasi Kelurahan Baciro yang sekaligus sebagai pengurus Komisi Lansia (Komlan) Kelurahan Baciro dan pengurus Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Baciro.

Untuk selanjutnya akan dilakukan kunjungan ke 10 orang lansia dengan sasaran lansia yang masuk dalam level 3, yaitu lansia yang bed rest, 1 orang lansia akan dikunjungi oleh 2 mahasiswa. Dijadwalkan akan dilaksanakan kunjungan minimal sebanyak 6 kali di bulan Maret sampai Mei 2024. Dalam setiap kunjungan, mahasiswa akan didampingi oleh PSM Kelurahan Baciro, karena memang selama ini PSM sudah rutin melakukan pendampingan baik kepada lansia, korban KDRT, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan warga terlantar yang ada di wilayah Kelurahan Baciro.