Menjawab Tantangan Kemajuan Dunia Kepariwisataan di Kota Yogyakarta, Kelurahan Baciro Menyelenggarakan Pelatihan Guide.

Di era yang semakin maju saat ini, dunia seakan semakin sempit, kita mampu menjelajahi semua penjuru dunia dengan sangat mudah, di dunia maya, kita mampu  berinteraksi dengan siapapun di belahan dunia manapun.

Salah satu manfaat yang dapat kita rasakan adalah semakin majunya  dunia kepariwisataan. Berawal dari melihat di dunia maya akan keindahan suatu daerah, maka selanjutnya akan menarik minat untuk mengunjunginya secara langsung. Setiap tahun terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang masuk ke Kota Yogyakarta. Hal ini secara tidak langsung berimbas positif terhadap masyarakat di  Kota Yogyakarta, antara lain meningkatnya pendapatan dari usaha pusat oleh-oleh, hotel, restoran, kusir andong, becak, paket kampung wisata, dan jasa pemandu wisata.

Melihat peluang tersebut, maka Kelurahan Baciro pada tanggal 22 Maret 2024 dimulai pukul 15.30 WIB menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Guide yang dilaksanakan di aula lantai 2 kantor kelurahan Baciro dengan menghadirkan narasumber dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia. Pelatihan diikuti oleh tokoh masyarakat yang ada di kelurahan Baciro antara lain Kelompok Seni Budaya yang ada di Kelurahan Baciro, Pengurus LPMK Baciro, Ketua Kampung se-Kelurahan Baciro, dan Pengurus Karang Taruna Kelurahan Baciro.

Dengan ilmu dan keterampilan yang didapatkan dari pelatihan, diharapkan semakin banyak Pemandu Wisata yang dimiliki Kota Yogyakarta pada umumnya dan Kelurahan Baciro pada khususnya. Semakin banyak Pemandu Wisata yang mampu memperkenalkan obyek wisata yang dimiliki Yogyakarta ke dunia luar, diharapkan akan semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta.