Sosialisasi Kewaspadaan Dini di Kelurahan Baciro

Seiring perkembangan zaman, di era kemajuan digital saat ini, selain pengaruh positif, tidak dapat dipungkiri bahwa efek negatifnya pun tidak dapat kita tolak. Jika kita kurang bijak dalam menggunakan media sosial, maka pengaruh buruk lah yang akan banyak kita serap.

Untuk menekan pengaruh buruk yang terjadi di masyarakat, seperti banyaknya peristiwa pernikahan dini, kualitas kehidupan berumah tangga yang rendah, tingginya angka kekerasan dalam rumah tangga, aborsi, dan perceraian, maka Kelurahan Baciro pada tanggal 24 Agustus 2023 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kewaspadaan Dini yang diikuti oleh Ketua Kampung se-Kelurahan Baciro, pengurus Karang Taruna, dan pengurus TP PKK Kelurahan Baciro.

Dalam acara ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Ketua Pokja 4 TP PKK Kota Yogyakarta, ibu Wuri Astuti Marso dan ibu Th. Tice Titahingruci, seorang bidan sekaligus ketua Self Help Group Tresno Jiwo Kelurahan Baciro, yang peduli terhadap para penyandang disabilitas, anak terlantar, dan anak berkebutuhan khusus serta ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

Dalam paparan yang disampaikan oleh kedua narasumber, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh keluarga sangat besar dalam pertumbuhan anak, keharmonisan rumah tangga adalah modal yang utama untuk membentuk karakter yang baik pada anak. Anak harus menerima kasih sayang yang cukup, merasa didengar, dipahami, dirangkul, dan diakui keberadaannya di dalam rumah tangga, merasa nyaman di dalam rumahnya, sehingga dia tidak akan lari, mencari kebahagiaan di luar yang jika kurang berhati-hati, maka akan bisa masuk dalam pergaulan yang bebas, yang akan merusak masa depannya.