Deklarasi Kampung Panca Tertib Kampung Baciro Sanggrahan, Tertib Lingkungan Menjadi Prioritas Utama.

Pada hari ini, Selasa tanggal 15 Agustus 2023 dimulai pukul 15.00 WIB, telah dilaksanakan Deklarasi Kampung Panca Tertib Kampung Baciro Sanggrahan, Kelurahan Baciro, Kemantren Gondokusuman Kota Yogyakarta bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Kelurahan Baciro.

Hadir dalam acara ini Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Anggota Komis A DPRD Kota Yogyakarta, Kapolsek Gondokusuman Kota Yogyakarta, beberapa Kepala OPD Terkait, Ketua LPMK Baciro, dan Pelopor Ketertiban yang telah ditunjuk dari Kampung Baciro Sanggrahan.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Ketua Kampung Baciro Sanggrahan sekaligus Koordinator Forum Kampung Panca Tertib Kampung Baciro Sanggrahan, Prayitno, S.Pd, dari 5 Tertib dari Panca Tertib yaitu Tertib Lingkungan, Tertib Bangunan, Tertib Usaha, Tertib Sosial, dan Tertib Daerah Milik Jalan (DAMIJA), FKPT Kampung Baciro Sanggrahan untuk tahun pertama ini menitik beratkan pada Tertib Lingkungan. Mengingat kondisi saat ini urusan persampahan menjadi urusan yang harus segera diselesaikan, maka Baciro Sanggrahan memiliki program pembuatan biopori jumbo di banyak titik di wilayah kampung, mengingat masih banyak lahan kosong yang dimiliki warga kampung Baciro Sanggrahan, dan juga melarang pembakaran sampah oleh warga.

Dengan pembuatan biopori jumbo, diharapkan masalah sampah akan dapat teratasi, sampah organik akan dimasukkan ke dalam biopori jumbo, sedangkan sampah anorganik akan dipilah oleh rumah tangga untuk selanjutnya disalurkan ke bank sampah yang ada di setiap RW.

Program pembuatan biopori jumbo ini sekaligus untuk mensukseskan program zero sampah anorganik yang merupakan program dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Dengan bergandengan tangan, bertekad kuat untuk menjadi pelopor kebersihan lingkungan, maka impian Kampung Baciro Sanggrahan bebas dari masalah lingkungan akan dapat diwujudkan.