Memecahkan Permasalahan Sampah, Kelurahan Baciro menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Magot.

Pada hari Selasa, tanggal 25 Juli 2023 dimulai tepat pukul 13.00 WIB, bertempat di Aula lantai 2 Kantor Kelurahan Baciro telah dilaksanakan Pelatihan Budidaya Magot yang diikuti oleh pengurus bank sampah se-Kelurahan Baciro.

Tujuan dari dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk memecahkan permasalahan sampah yang saat ini dihadapi tidak hanya oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, namun juga dialami wilayah lain, yaitu imbas overloadnya Tempat Pembuangan Sampah Akhir, sehingga pengelola sering mengambil kebijakan penutupan tempat pembuangan sampah tersebut.

Dengan mengikuti pelatihan budidaya magot ini, peserta diberi pengetahuan dan keterampilan bagaimana mengelola sampah yang dihasilkan rumah tangga. Untuk sampah anorganik dapat dikelola dalam arti dapat dijual ke bank sampah, atau dijadikan barang kerajinan tangan, sehingga bisa menjadi sumber tambahan pendapatan keluarga. Sementara untuk sampah organik, dapat dibudidayakan menjadi magot, yang juga bernilai jual, magot ini dipergunakan untuk pakan ikan maupun burung, sehingga tidak ada lagi sampah yang terbuang sia-sia, asal kita rajin memilah dan membudidayakannya.

Dalam pelatihan ini peserta belajar bagaimana proses mulai dari sisa sayuran, sisa buah, dibudidayakan sehingga akhirnya menjadi magot. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta bisa membagikan ilmunya kepada semua warga anggota bank sampah yang ada di wilayahnya, bagaimana memanfaatkan sesuatu yang sepertinya tidak ada manfaatnya, menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat, dan akhirnya bisa menjadi sumber pendapatan keluarga.