Peningkatan Kapasitas Kader, Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Baciro

Pada hari ini, Senin tanggal 17 Juli 2023, Kelurahan Baciro menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kader Posyandu yang diikuti oleh perwakilan Kader Posyandu yang ada di setiap RW di Kelurahan Baciro.

Hadir dalam kegiatan ini, narasumber dari Puskesmas Gondokusuman 1, Muhammad Hilman Tamimi, A.Md.KL. Narasumber menyampaikan bahwa tantangan Kader di saat sekarang ini semakin berat. Bagaimana peran Kader dalam ikut serta meningkat derajat kesehatan masyarakat sangat besar, termasuk harus rutin mengadakan kunjungan ke ibu hamil, balita, remaja, usia produktif maupun usia lanjut. Peningkatan keterampilan kader dengan 25 kompetensi dasar, akan sangat meningkatkan kualitas posyandu aktif.

Puskesmas melakukan supervisi dan penyematan “tanda kecakapan” jika kader memenuhi kompetensi pelayanan kesehatan di Posyandu. Penyematan dapat diagendakan bersama Lurah, TP PKK dan lain sebagainya.

Tanda kecakapan kader berdasar 25 keterampilan dasar, dapat dibagi menjadi Kader Purwa, Madya dan Utama.

  1. Kader Purwa
  1. wajib menguasai 2 keterampilan dasar Pengelolaan Posyandu dan layanan Balita.
  2. Ditambahkan dengan 1 keterampilan dasar lain pilihan (layanan bumil busui, remaja, atau uspro/lansia)
  1. Kader Madya;
  1. wajib menguasai 3 keterampilan dasar Pengelolaan Posyandu, layanan Balita, serta Bumil dan Busui.
  2. Ditambahkan dengan 1 keterampilan dasar lain pilihan (remaja, atau upro/lansia)
  1. Kader Utama;
  1. Wajib menguasai seluruh keterampilan kader

Disampaikan juga jumlah kader dalam setiap RW minimal 5 orang, jika ada RW yang jumlah kadernya kurang dari 5 orang, supaya segera ditambah. Semoga seluruh kader yang dimiliki kelurahan Baciro, semangat dalam meningkatkan keterampilan, dan semangat dalam mengabdi kepada masyarakat tanpa pamrih, untuk kemajuan Kelurahan Baciro.