Gelar Seni Budaya RKB Kelurahan Baciro 2022.

Pada hari Minggu tanggal 13 Nopember 2022 dimulai pukul 19.00 WIB telah dilaksanakan acara Gelar Seni Budaya Rintisan Kelurahan Budaya Kelurahan Baciro di depan Asrama Kujang Jl. Pengok Kidul Kelurahan Baciro.

Acara ini diisi dengan berbagai penampilan antara lain, seni tari, teater anak, land dance hingga orkestra. Lebih dari 10 grup penampil mengisi acara ini. Acara dibuka dengan do’a dan sambutan dari Lurah Baciro, Handra Sutrisno. Pengisi acara berasal dari beberapa kelompok seni, antara lain Sanggar Star Kusuma yang ada di Kampung Gendeng, Teater Anak yang ada di Kampung Pengok Kidul, Kelompok Puser Bumi yang personilnya merupakan penyandang disabilitas berupa tuna netra, namun kemampuannya dalam bermusik dan bernyanyi tidak kalah dengan kelompok lainnya. Dari Asrama Kujang yang seluruh anggotanya adalah mahasiswa dari Jawa Barat, juga menyumbangkan tarian yang sangat indah untuk disaksikan, dan beberapa kelompok kesenian lainnya.

Antusiasme penonton untuk menyaksikan acara ini cukup tinggi, terlihat dari banyaknya penonton dari awal hingga acara berakhir pukul 23.15 WIB. Penampilan para pengisi acara pun terlihat cukup indah, kolaborasi yang sangat bagus.

Kegiatan ini dibiayai dengan anggaran Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang ada di Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Dengan tema “Hanarawata Juming Mandhala” dengan salah satu penampilan unggulan yaitu sendratari Golong Gilig Traju Manggala yang merupakan kolaborasi dari beberapa sanggar tari yang ada di Kelurahan Baciro.