TERLANJUR KONTAK DENGAN ORANG TERKONFIRMASI COVID-19? NGGAK PERLU PANIK KOK

Penyebaran Covid-19 saat ini semakin sulit dideteksi dengan banyaknya orang tanpa gejala, suatu ketika mungkin kita berinteraksi dengan orang-orang tersebut. Ketika seseorang dilakukan screening dan ternyata hasilnya orang yang beberapa hari yang lalu pernah berinteraksi dengan kita hasilnya terkonfirmasi positif covid-19, maka kita termasuk orang yang kontak dengan orang terkonfirmasi tersebut. Selanjutnya apa yang harus kita lakukan? Kita tidak perlu panik, berikut ini hal-hal yang harus kita lakukan apabila kita termasuk suspect kontak dengan orang terkonfirmasi covid-19:

1) Melakukan karantina mandiri

2) Laporkan sesegera mungkin jika muncul gejala seperti batuk, pilek, sesak nafas, dan gejala lainnya melalui kontak tim monitoring. Sampaikan bahwa semakin cepat melaporkan maka akan semakin cepat mendapatkan tindakan untuk mencegah perburukan.

3) Apabila kontak erat menunjukkan gejala dan harus dibawa ke fasyankes dengan kendaraan pribadi, perhatikan hal-hal sebagai berikut:

a) Beritahu petugas fasyankes bahwa kontak yang memiliki gejala akan dibawa.

b) Saat bepergian untuk mencari perawatan, kontak harus memakai masker medis.

c) Hindari menggunakan transportasi umum ke fasyankes jika memungkinkan. Ambulans dapat dipanggil, atau kontak yang sakit dapat diangkut dalam kendaraan pribadi dengan semua jendela terbuka, jika memungkinkan.

d) Kontak dengan gejala harus disarankan untuk selalu melakukan kebersihan pernapasan dan tangan. Misalnya berdiri atau duduk sejauh mungkin dari orang-orang di sekitar (setidaknya 1 meter) saat bepergian dan ketika berada di fasilitas perawatan kesehatan.

e) Setiap permukaan yang terkena sekret pernapasan atau cairan tubuh lainnya selama proses transfer harus dibersihkan dengan sabun atau deterjen dan kemudian didisinfeksi dengan produk rumah tangga biasa yang mengandung larutan pemutih encer 0,5%.

Apabila hal-hal tersebut kita lakukan sebagai orang yang pernah kontak dengan orang terkonfirmasi Covid-19, maka kita termasuk orang yang telah memutus rantai penyebaran covid-19. (SURYA-A0216)